SMAZA Mengajar adalah gerakan untuk mengajak semua pihak yang merupakan komponen SMAN 1 Ponorogo untuk mengulurkan tangannya menyukseskan kegiatan Smaza Mengajar. Adapun komponen yang dimaksud adalah :

1. Civitas Akademika Smaza Ponorogo
2. Alumni

Berawal dari ide Alumni Mengajar kemudian berkembang dengan SMAZA Mengajar. Alumni Mengajar datang ke SMAN 1 Ponorogo untuk berbagi cerita, semangat, motivasi, inspirasi, pengalaman kesuksesan dan kegagalan dalam mengarungi kehidupan dan lain-lain. Smaza Mengajar meneruskan semangat ini dengan menerjunkan seluruh civitas akademika untuk mengajar ke masyarakat. Bentuk awalnya adalah menyelenggarakan bimbingan belajar gratis bagi siswa dan siswi tingkat SD dan SMP. Kegiatan ini di rancang untuk menjadi salah satu program di OSIS, pelaku utamanya adalah siswa siswi SMA 1 Ponorogo yang berprestasi.

Adalah siswa SMAN 1 Ponorogo yang diharapkan memperoleh manfaat terbesar dari kegiatan ini. Selain mendapatkan manfaat dari belajar sambil mengajar, mereka akan belajar tentang kehidupan. Sekolah kehidupan demikianlah kami menamakannya, memberikan nilai-nilai nyata tentang arti hidup dan kehidupan. Kejujuran, disiplin, ikhlas, semangat, pantang menyerah adalah sedikit dari nilai-nilai yang kita yakini akan kita peroleh dari kegiatan ini. Masih banyak nilai-nilai lain yang ada dalam kegiatan ini.

Masih diperlukan banyak masukan dan saran untuk berjalannya kegiatan ini.